Review E-Book IT Services Management
Buku ini ditulis oleh
orang-orang yang memiliki keahlian didalam bidangnya. Yaitu seperti Ernest
Brewster yang memiliki pelangalaman kurang lebih dari 30 tahun dibidang IT, Dia sebagai manajer senior dalam berbagai
organisasi sektor publik selama 20 tahun, Sekalikus menjadi kepala
bagian dalam TI dan FIFE Council yang menghubungkan beberapa situs-situs yang
terpisah menjadi satu bagian. Selain itu dia juga pernah menjadi juara
Manajemen Layanan ITIL sebagai praktik penerapat terbaik dibidang ITIL.
Selanjutnya ada Richard Griffiths, ia seorang ahli Manajemen Layanan yang
sangat profesional dan dia telah bekerja sebagai konsultan dalam semua aspek
ITIL diseluruh dunia serta banyak menjalankan program fundaction untuk
menyesuaikan penulisannya denga audiens calon potensial. Selanjutnya ada Aidan
Lewis dia adalah seorang otoritas independen didunia yang telah juara dibidang CEO
itSMF UK and International. Selanjutnya ada John Sansbury beliau ada seorang
praktisi manajemen layanan dibidang IT, serta seorang konsultan dibidang ITIL.
ITIL atau Information Technology Infrastructure
Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi
Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku
yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT
Infrastructure Library merupakan merek
dagang terdaftar
dari Office
of Government Commerce (OGC) Britania
Raya. ITIL memberikan
deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas,
serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis
organisasi TI.
Metode yang digunakan dalam Manajement layanan
adalah sebagai berikut :
- Total Quality Manajement atau yang dikenal
sebagai (TQM)
TQM ini adalah suatu strategi manajement yang digunakan untuk menambahkan
kualitas proses didalam suatu organisasi.
- Six Sigma
Six Sigma ini adalah suatu alat untuk menggantikan layanan (TQM), Six Sigma
ini jauh lebih bagus dalam suatu pengendalian kualitas produksi perusahaan
secara keseluruhan, dan memiliki tujuan untuk menghidarkan kesalahan produksi
dan lebih memangkas waktu pembuatan produk.
- Business Process Management atau yang dikenal
sebagai (BPM)
BPM ini adalah sebuah metode penyelaras yang lebih efisien dalam suatu
organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM ini
merupakan layanan yang fleksibel sehingga lebih muda untuk para pembisnis
mencapai suatu inovasi dan integritas dengan teknologi yang lebih baik.
- Capability Maturity Model Integration atau yang
dikenal sebagai (CMMI)
CMMI ini adalah sebuah perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting
bagi organisasi.
Fungsi operasional layanan adalah :
·
Meja layanan : ini adalah melakukan
beberapa sejumlah proses, khususnya didalam manajemen insiden dan pemenuhan
permintaan yang tinggi. Meja layanan ini terdiri dari beberapa staf yang telah
dilatih untuk menangani masalah layanan . Staf meja layanan ini akan memiliki
akses yang diperlukan untuk mengelola acara.
·
Manajemen teknis : adalah suatu fungsi
yang menyediakan sumber daya dan memastikan bahwa teknologi yang canggih saat
ini selalu diperbaharui. Manajemen teknis ini mencakup beberapa tim dan area yang
mendukung dalam penyimpanan, pengetahuan dan keahlian teknis.
·
Manajemen aplikasi : Manajemen aplikasi
ini akan mengolah aplikasi. Manajemen aplikasi ini terbilat dalam hal desain,
pengujian dan peningkatan.
·
Manajemen operasi TI : bertanggung jawab untuk mengoperasikan
organisasi
Infrastruktur dan aplikasi TI.
Infrastruktur dan aplikasi TI.
Komentar
Posting Komentar