Sistem Berbasis Pengetahuan

Sistem Berbasis Pengetahuan


Definisi
Sistem berbasis pengetahuan adalah suatu jenis basis data yang digunakan untuk manajement pengetahuan. Basis data ini menyediakan layanan fasilitas untuk koleksi, organisasi, dan pengambilan pengetahuan terkomputerisasi. Sistem berbasis pengetahuan ini terdiri dari beberapa paket data yang berukuran besar, deskripsi dari data tersebut (metadata), dan serangkaian besar aturan-aturan. Sistem berbasis pengetahuan ini memiliki sifat yang dinamis, dengan kemampuan kapasitas untuk belajar, sehingga dekat dengan topik kecerdasan buatan. Sistem berbasis pengetahuan ini sangat berfungsi  untuk menyelesaikan suatu masalah yang berhubungan denga AI(Artificial intelligent).  Dan juga dapat membantu manusia dalam menyelesaikan suatu masalah berdasarkan pengetahuan yang ada, yang nantinya pengetahuan itu akan masuk kedalam robot dan aplikasi pada komputer.
Sejarah Sistem Berbasis Pengetahuan
1943    Post E.L. membuktikan bahwa permasalahan-permasalahan komputasi dapat diselesaikan dengan aturan IF-THEN.
1961    General Problem Solver (GPS) oleh A. Newell and H. Simon. Adalah sebuah program yang dibangun untuk menyelesaikan permasalahan mulai dari games sampai matematika integral.
1969    DENDRAL. Dibangun di Stamford University atas permintaan NASA (Buchanan and Feigenbaum) untuk melakukan analisis kimiawi terhadap kondisi tanah di planet Mars.
1970s   MCYN. Dibuat untuk diagnosa medis oleh Buchanan dan Shortliffe.
1982    R1/XCON adalah sistem pakar pertama yang dibuat oleh para peneliti di Carnegie Melon University (CMU).
Konsep Umum Sistem Berbasis Pengetahuan
KONSEP UMUM SISTEM PAKAR (SP) Menurut Turban (1995) terdapat tiga orang  Pakar adalah orang yang terlibat dalam lingkungan system pakar yaitu : yang memiliki pengetahuan khusus, pendapat, pengalaman, dan metode serta kemampuan untuk mengaplikasikan keahliannya tersebut guna menyelesaikan masalah.
• Keahlian merupakan suatu penguasaan pengetahuan di bidang tertentu yang didapatkan dari pelatihan atau pengalaman yang dapat diterapkan oleh manusia untuk menangani hal-hal tertentu sesuai jenis kebutuhannya.
• Ahli merupakan seorang yang mempunyai pengetahuan tertentu dan mampu menjelaskan suatu tanggapan.
• Pengalihan keahlian dari para ahli merupakan tujuan utama dari system pakar. Proses ini membutuhkan 4 aktivitas yaitu
-          Tambahan pengetahuan dari sumber lain.
-          Representasi pengetahuan ke computer.
-           Inferensi pengetahuan dan pengalihan pengetahuan ke pengguna.
• Sedangkan kemampuan untuk menalar adalah fungsi yang harus dimiliki oleh setiap system pakar
Penjelasan dan contoh studi kasus didunia nyata
Sistem berbasis pengetahun dalam sistem pakar yaitu dengan cara kita membuat aturan produksi sesuai dengan fakta atau kenyataannya, misalnya seperti binatang kelinci : bagaimana cara kamu dalam berjalan? Maka jawabannya aku berjalan dengan cara meloncat-loncat.
Contoh sistem pakar yang pernah dibuat :
MYCIN
Memberikan diagnosa dan solusi pengobatan penyakit.
MACSYMA
Menangani masalah matematika.
DENDRAL
Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tidak dikenal.
XCON&XSEL
Membantu konfigurasi sistem komputer besar.
SOPHIE
Melakukan analisis sirkuit elektronik.
Prospector
Membantu mencari dan menemukan deposit dalam geologi.
FOLIO
Membantu memberikan keputusan bagi seorang manajer dalam hal stok broker dan investasi.
DELTA
Pemeliharaan lokomotif disel.
Referensi
https://elnow.wordpress.com/2013/01/03/sistem-berbasis-pengetahuan/
http://ciusthedracohenas.wordpress.com/2008/05/12/basis-pengetahuan-untuk-sistem-pakar/
http://www.slideshare.net/agiah/sistem-berbasis-pengetahuan-2
http://fajarhariawan.blogspot.com/2016/10/sistem-berbasis-pengetahuan.html
http://contohsistempakar.blogspot.com/2014/10/pengertian-dan-sejarah-sistem-pakar.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENSES

Sistem Yang Ada Pada Universitas Gunadarma