Analisa Manajemen Layanan Sistem Informasi
Latar
Belakang
Begitu pentingnya suatu
informasi itu, Karena suatu informasi didalam suatu perusahaan sangatlah
penting dalam mendukung pernan sumber daya dan perkembangan dalam perusahaan.
Jika kekurangan suatu informasi perusahaan tidak akan mampu mengontrol sumber
daya dan tidak mampu mengambil suatu keputusan dengan baik.
Tujuan
Analisa
Tujuan analisa ini
adalah untuk meningkatkan perkembangan sumber daya, produksi dalam perusahaan,.
Pembahasan
Manajemen Layanan
Sistem Informasi adalah suatu metode pengelola sistem informasi(SI) yang secara
perspektif ini terpusat pada layanan sistem informasi bisnis disebuah
perusahaan.
Manajemen layanan
sistem informasi ini berfokus pada perbaikan proses seperti ( Six Sigma, ERP ,
DLL) . Manajement layanan sistem informasi ini menangani suatu masalah
operasional. Contohnya pembuatan suatu software yang digunakan untuk
pengembangan dan pemasaran pada perusahaan.
Metode Yang Digunakan
Dalam Manajemen Layanan Sistem Informasi
1.
Total Quality Manajement atau yang
dikenal sebagai (TQM)
TQM
ini adalah suatu strategi manajement yang digunakan untuk menambahkan kualitas
proses didalam suatu organisasi.
2.
Six Sigma
Six
Sigma ini adalah suatu alat untuk menggantikan layanan (TQM), Six Sigma ini
jauh lebih bagus dalam suatu pengendalian kualitas produksi perusahaan secara
keseluruhan, dan memiliki tujuan untuk menghidarkan kesalahan produksi dan
lebih memangkas waktu pembuatan produk.
3.
Business Process Management atau yang
dikenal sebagai (BPM)
BPM
ini adalah sebuah metode penyelaras yang lebih efisien dalam suatu organisasi
dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM ini merupakan layanan
yang fleksibel sehingga lebih muda untuk para pembisnis mencapai suatu inovasi
dan integritas dengan teknologi yang lebih baik.
4.
Capability Maturity Model Integration
atau yang dikenal sebagai (CMMI)
CMMI
ini adalah sebuah perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting bagi
organisasi.
Kerangka
Kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
·
Informasi Technology Infrastructure
Library (ITIL)
Informasi
technology infrastructure library ini merupakan suatu rangkaian yang
menggunakan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,pengembangan dan
operasi teknologi informasi (TI).
·
Control Objectives For Information and
Related Technology (COBIT)
COBIT
ini adalah suatu audit sistem informasi serta dasar pengendalian yang dibuat
oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT
Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
·
Software Maintenance Maturity Model
·
PRM-IT IBM’s Process reference Model for
IT
·
Application Services Library (ASL)
Aplikasi
layanan perpustakaan (ASL) Merupakan suatu kerangka kerja publik yang terbaik
yang digunakan sebagai proses dalam Aplikasi Manajemen.
·
Business Information Services Library
(BISL)
BISL
ini adalah standar domain publik sejak tahun 2005, yang diatur oleh lembaga ASL
BISL (Sebelumnya lembaga ASL).
·
Microsoft Operations Framework (MOF)
MOF
ini adalah serangkaian paduan yang
fungsinya bertujuan untuk membantu teknologi informasi (TI) profesional
dalam menetapkan layanan yang handal dan hemat daya.
·
eSourcing
Capability Model for Service Providers (Escm-sp) daneSourcing
Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing
Management
eSourcing Capability Model for Service
Providers (eSCM-SP) merupakan suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc
di Carnegie Mellon University.
Kelebihan Manajemen Layanan Sistem Informasi
o
Meningkatkan
efisiensi operasional dan investasi didalam teknologi sistem informasi.
o
Membangun
sumber-sumber informasi yang strategis.
o
Memudahkan
untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan menerampilkan pendukung
dalam sistem informasi.
Kesimpulan
Dengan adanya manajemen layanan sistem informasi ini yang menggunakan
metode TQM, Six Sigma, BPM dan CMMI perusahaan akan lebih mudah dalam mengatur
sumber daya, serta lebih mudah mendapatkan informasi yang lebih baik bagi cepat
dan akurat. Sehingga lebih memungkinkan untuk perusahaan bersaing secara bebas.
Saran
Dengan adanya metode TQM,Six Sigma,BPM dan CMMI yang membuat perusahaan
lebih kompetitif . Diharapkan mohon kedepannya lebih dikembangkan lagi sistem
layanannya. Agar dapat meraih hasil maksimal.
Referensi
- http://choiimam.blogspot.co.id/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi_27.html
- https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/
- https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
Komentar
Posting Komentar