Analisa Manajemen Layanan Sistem Informasi


Latar Belakang
Begitu pentingnya suatu informasi itu, Karena suatu informasi didalam suatu perusahaan sangatlah penting dalam mendukung pernan sumber daya dan perkembangan dalam perusahaan. Jika kekurangan suatu informasi perusahaan tidak akan mampu mengontrol sumber daya dan tidak mampu mengambil suatu keputusan dengan baik.
Tujuan Analisa
Tujuan analisa ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sumber daya, produksi dalam perusahaan,.
Pembahasan


Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelola sistem informasi(SI) yang secara perspektif ini terpusat pada layanan sistem informasi bisnis disebuah perusahaan.
Manajemen layanan sistem informasi ini berfokus pada perbaikan proses seperti ( Six Sigma, ERP , DLL) . Manajement layanan sistem informasi ini menangani suatu masalah operasional. Contohnya pembuatan suatu software yang digunakan untuk pengembangan dan pemasaran pada perusahaan.

Metode Yang Digunakan Dalam Manajemen Layanan Sistem Informasi
1.      Total Quality Manajement atau yang dikenal sebagai (TQM)
TQM ini adalah suatu strategi manajement yang digunakan untuk menambahkan kualitas proses didalam suatu organisasi.
2.      Six Sigma
Six Sigma ini adalah suatu alat untuk menggantikan layanan (TQM), Six Sigma ini jauh lebih bagus dalam suatu pengendalian kualitas produksi perusahaan secara keseluruhan, dan memiliki tujuan untuk menghidarkan kesalahan produksi dan lebih memangkas waktu pembuatan produk.
3.      Business Process Management atau yang dikenal sebagai (BPM)
BPM ini adalah sebuah metode penyelaras yang lebih efisien dalam suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut. BPM ini merupakan layanan yang fleksibel sehingga lebih muda untuk para pembisnis mencapai suatu inovasi dan integritas dengan teknologi yang lebih baik.
4.      Capability Maturity Model Integration atau yang dikenal sebagai (CMMI)
CMMI ini adalah sebuah perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting bagi organisasi.

Kerangka Kerja (Framework) Manajemen Layanan Sistem Informasi
·        Informasi Technology Infrastructure Library (ITIL)
Informasi technology infrastructure library ini merupakan suatu rangkaian yang menggunakan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,pengembangan dan operasi teknologi informasi (TI).
·        Control Objectives For Information and Related Technology (COBIT)
COBIT ini adalah suatu audit sistem informasi serta dasar pengendalian yang dibuat oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
·        Software Maintenance Maturity Model
·        PRM-IT IBM’s Process reference Model for IT
·        Application Services Library (ASL)
Aplikasi layanan perpustakaan (ASL) Merupakan suatu kerangka kerja publik yang terbaik yang digunakan sebagai proses dalam Aplikasi Manajemen.
·        Business Information Services Library (BISL)
BISL ini adalah standar domain publik sejak tahun 2005, yang diatur oleh lembaga ASL BISL (Sebelumnya lembaga ASL).
·        Microsoft Operations Framework (MOF)
MOF ini adalah serangkaian paduan yang  fungsinya bertujuan untuk membantu teknologi informasi (TI) profesional dalam menetapkan layanan yang handal dan hemat daya.
·        eSourcing Capability Model  for Service Providers (Escm-sp) daneSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management
eSourcing Capability Model  for Service Providers (eSCM-SP) merupakan suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University.

Kelebihan Manajemen Layanan Sistem Informasi
o   Meningkatkan efisiensi operasional dan investasi didalam teknologi sistem informasi.
o   Membangun sumber-sumber informasi yang strategis.
o   Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi.

Kesimpulan
Dengan adanya manajemen layanan sistem informasi ini yang menggunakan metode TQM, Six Sigma, BPM dan CMMI perusahaan akan lebih mudah dalam mengatur sumber daya, serta lebih mudah mendapatkan informasi yang lebih baik bagi cepat dan akurat. Sehingga lebih memungkinkan untuk perusahaan bersaing secara bebas.

Saran
Dengan adanya metode TQM,Six Sigma,BPM dan CMMI yang membuat perusahaan lebih kompetitif . Diharapkan mohon kedepannya lebih dikembangkan lagi sistem layanannya. Agar dapat meraih hasil maksimal.

Referensi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENSES

Sistem Yang Ada Pada Universitas Gunadarma

Sistem Berbasis Pengetahuan